Tentang Mukjizat

Ditulis Oleh: Irse Wilis 

Sadar atau enggak sadar, di dalam kehidupan ini sering sekali terjadinya mukjizat. Mukjizat itu adalah sesuatu  hal baik, yang terjadi di luar akal sehat dan ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Jika tidak ada campur tangan Tuhan, maka hal tersebut dipandang sebagai suatu hal yang kebetulan saja. Dalam mukjizat; kesaksian seseorang memegang peranan penting dalam pewartaan hal yang luar biasa tersebut. Karena hanya orang yang sudah merasakannya; yang akan mengaminkan suatu peristiwa mukjizat.

Beberapa hari belakangan ini, saya mengalami mukjizat yang menurutku sangat membantu perkembangan imanku yang membuatku semakin sadar bahwa Tuhan itu sungguh hadir di dalam keseharian hidup manusia.

 Akhir bulan September 2016, cuaca di kota Medan sungguh teramat buruk. Hujan badai, yang menyebabkan banjir dan pohon tumbang dimana-mana. Kejadian paling parah tepatnya pada hari rabu 28-09-2016 & kamis 29-09-2016.

Tanggal 30-09-2016 (hari Jumat) akan diadakan misa pembukaan bulan Rosario di gereja Kristus Raja (KR) Medan, tanggal 01-10-2016 (hari Sabtu) saya selaku anggota Legio Hati Maria Tak Bercela (HMTB) diundang untuk menghadiri rapat OMK untuk berdoa rosario bersama.

Sejak hari Kamis; saya sudah memiliki kegiatan di seputaran gereja KR-Medan. Saya berdoa dalam hati agar pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu nanti; semoga tidak terjadi hujan badai seperti yang telah terjadi pada hari Rabu tgl 28-09-2016 yang lalu. Saya percaya, Tuhan akan mendengar doa saya, sekalipun tidak didengar; saya akan tetap menghadiri devosi Kerahiman Ilahi pada hari Kamis 29-09-2016 pkl 17.30 demikianlah sebagian isi doa yang saya panjatkan mulai Kamis pagi.

Dan hasilnya, sampai devosi selesai sekitar pkl 18.30 langit yang terang tiba-tiba gelap gulita, pertanda hujan akan segera turun. Tak sedikitpun saya kecewa karena malam ini akan turun hujan lagi. Dan puji Tuhan, sampai di rumah; saya tidak basah kuyup seperti hari-hari sebelumnya ketika saya terkena hujan badai. Besoknya, hari Jumat 30-09-2016; doa yang sama saya ucapkan lagi, memohon kemurahan hati Tuhan supaya hujan tidak badai sehingga perarakan patung Bunda Maria  dari luar gereja boleh berjalan dengan lancar. Saya yang bertugas menjadi pembagi lilin dan penjaga pintu gereja; tidak mengikuti perarakan sehingga bisa leluasa mondar mandir memperhatikan langit di sore itu. 

Dan doaku seperti tidak terjawab lagi; langit sudah penuh dengan gulungan awan pekat seperti kejadian pada hari-hari sebelumnya. Dalam hati, saya ketar ketir sendiri; "gimana ya; seandainya hujan turun di saat doa rosario sedang berlangsung selama perarakan di luar gereja tersebut??!!!". Saya ngoceh sendiri sambil memandang gulungan awan di langit, "hush..awan-awan..pergi lah menjauh!!!, hujannya bawa ke tempat lain saja", seruku sambil berdoa dalam hati untuk mohon pertolongan Tuhan agar perarakan dan doa rosario dapat berjalan lancar. Dan luar biasa, angin yang kencang tidak menurunkan butiran hujan, sehigga perarakan selesai dan misapun berjalan dengan tenang dan lancar. Sayapun sampai di rumah dengan selamat dan tidak basah karena hujan turun sekitar sejam setelah misa selesai.

Ajaib benar dan nyata benar kuasa Tuhan pada Jumat sore tersebut. Aku merasa hal ini mukjizat karena Tuhan mendengarkan dan mengabulkan doaku. 

Mukjizat kedua tentang doa mohon beatifikasi hamba Allah Frank Duff yang merupakan pendiri Legio Maria. Sejak menjadi auksilier legio HMTB (Mei 2016), sampai saya menjadi anggota aktif mulai Juli 2016 sampai sekarang; saya tetap mendoakan doa Tessera lengkap sampai doa Beatifikasi hamba Allah Frank Duff. Di doa permohonan ini; saya terus menerus meminta agar Tuhan menambahkan anggota legio kami; supaya semakin banyak generasi penerus legio ini, dan semoga anggota aktif semuanya boleh sungguh-sungguh menjadi legioner sejati; yang rajin ikut rapat dan aktif dalam pelayanan. Doa ini terus menerus saya panjatkan dan pada hari Minggu tanggal 02-10-2016; doa tersebut terjawab dan terkabul.

Anggota baru dari antah berantah berkunjung hari Minggu tanggal 25-09-2016. Biasanya, anggota legio sudah saling kenal. Misalnya, si x menjaring temannya si z untuk ikut legio ini, dan demikian seterusnya; sehingga kebanyakan anggota legio HMTB sudah saling kenal. Tapi, tamu spesial tanggal 25-09-2016 adalah tidak berasal dari teman-teman internal legio HMTB. Seorang tamu yang langsung menyatakan keinginannya untuk menjadi anggota aktif legio HMTB. Sekedar info; saya sendiri memerlukan waktu yang cukup lama (sekitar sebulan) dalam memutuskan apakah ingin menjadi anggota aktif di kelompok kategorial ini, atau tidak.

Tanggal 02-10-2016 pada rapat legio berikutnya, tamu spesial pada minggu lalu datang lagi dan menunjukkan bahwa dia beneran niat join dengan kelompok legio kami dan secara ajaib semua anggota aktif legio HMTB berkumpul untuk ikut rapat bersama; bahkan eks anggota juga turut hadir meramaikan rapat legio pada minggu ini. Puji Tuhan, saya merasa hal ini di luar akal saya dan semua karena campur tangan Tuhan sehingga semua hal ini dapat terjadi. Mungkin bagi orang lain hal ini adalah hal biasa-biasa saja; tapi buat saya; hal ini adalah mukjizat karena Tuhan menjawab doa saya dengan waktu dan prosesNya.

Yang ingin saya sampaikan adalah pekalah melihat kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari; karena Tuhan selalu menjawab doa-doa kita walaupun terkadang jawabanNya adalah "TIDAK". Doa merupakan sarana untuk merasakan mukjizat seperti yang telah saya alami.


Jangan berhenti berdoa, karena doa adalah nafas bagi orang yang percaya pada Yesus.

"Roma 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! "


Tidak ada komentar:

Posting Komentar