Analogi Resleting-2 dalam Hubungan antar manusia

 Ditulis Oleh: Irse Wilis
 
Resleting memiliki banyak bentuk dan warna yang berbeda-beda, ada yang berwarna merah, biru, hitam, kuning, dll. Ada yang ukurannya pendek, ada yang ukurannya sedang dan ada yang ukurannya panjang. Ada yang berbahan keras seperti besi, dan ada yang berbahan lembek seperti kain.

Seperti juga hubungan keluarga; ada keluarga besar, ada keluarga mini, ada keluarga orang kaya, ada keluarga sederhana, dan ada juga keluarga miskin, banyak jenis hubungan di dunia ini yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apabila separoh dari resleting kain, digabungkan dengan separoh resleting tas.. apakah itu menjadi paduan yang pas? Bisakah kepala tesleting menutup dengan mudah? Saya pikir tidak!  Dan bentuknya pun akan menjadi aneh.

Sama seperti seseorang Katolik yang berusaha masuk ke lingkungan hidup orang beragama lain. Pasti TIDAK akan selaras! Pola pikir dan perbuatannya pasti bertentangan. Memang keberagaman itu indah. Tapi tidak untuk mencampuradukkannya. Setiap orang, berdiri dengan keyakinan yang dia anut. Tanpa berusaha memaksa untuk mengubah orang lain menjadi seperti dirinya.  Sama seperti resleting tadi, kalo resleting kain, pasti akan ideal jika ketemu kain yang pas. Bukan malah dipasangkan ke celana jeans atau tas ransel. Itu tidak akan berfungsi dan mungkin malah memperburuk penampilan.

Jadi, jika seseorang mirip seperti resleting kain, janganlah sesekali berusaha masuk ke celana jeans atau koper. Itu tidak akan pas karena bukan pasangan yang pas. Hal ini TIDAK berarti bahwa kita tidak boleh berteman dengan orang lain. Karena sama seperti resleting yang punya bentuk dan warna yang berbeda-beda tapi masing-masing punya peranan tersendiri dan punya tempat tersendiri. Resleting yang berwarna merah, akan apik jika dipasangkan dengan celana yang berbahan dasar merah. Sama seperti seorang Katolik, akan sangat ideal jika dia berkumpul bersama kawanan seiman, sevisi dan semisi yang sama,agar semakin bertumbuh dalam iman.

Apakah resleting biru dan resleting warna lainnya tidak boleh bertemu? Bersama dalam tempat yang sama?

Coba perhatikan toko benang/kancing..  di stelengnya pasti telah tersusun aneka warna dan jenis resleting. Semuanya bisa bersentuhan tapi pemakaiannya harus sesuai pada tempatnya. Seperti kita yang beranekaragam ini, boleh berteman, boleh bersahabat, tapi tidak untuk bersatu (bersatu dalam ikatan pernikahan).

Ingatlah quote yang berbunyi: air dan minyak tidak akan pernah bersatu demikianlah resleting kain tidak akan bisa bersatu dengan segala sesuatu yang berbahan dasar keras seperti koper atau jeans yang tidak sesuai dengan bahan dasar resleting tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar